Proposal Analisa Virus Worm pada Komputer


Proposal Analisa Virus Worm pada Komputer


SKRIPSI
Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Kelulusan
Program Strata 1(satu) Universitas Gunadarma

Oleh :
Asti Listiaokta Winata
11112225










PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang Masalah
Teknologi komputer mengalami perkembangan yang sangat pesat pada era globalisasi ini. Segala sesuatu hampir menggunakan alat teknologi. Penggunaan teknologi ini tidaklah selalu mudah dan juga tidak mengalami suaatu gangguan. Banyak sekali gangguan yang dihadapi, tidak hanya dari manusia bahkan virus pun bisa menjadi salah satu gangguan terbesar pada alat teknologi khususnya komputerisasi.
            Untuk mengantisipasinya, pengguna komputer dapat belajar untuk meningkatkan kemampuannya dalam memahami dan menangani masalah yang berkaitan dengan teknologi komputer yang digunakannya. Namun, kendala yang menghambat proses belajar para pengguna tersebut bukan hanya keterbatasan waktu. Tetapi ada juga keterbatasan sumber belajar berupa literatur atau buku yang lengkap, praktis, dan mudah dipahami.
            Untuk mengurangi suatu hambatan maka banyak sekali pengguna untuk membenahi permsalahan ini. pada pembahasan teori kali ini akan mengulas tentag virus yang dialami pada suaatu jaringan komputer khususnya pada virus Worm yang merukan virus yang cukup menjengkelkan bagi para pemakai alat komputerisasi.

1.2  Indentifikasi Masalah
Untuk sebagian besar pengguna alat komputerisasi khususnya pengguna Laptop atau PC seringkali mengalami masalah pada virus ketika sedang menggunakan laptop dengan menggunakan jaringan internet untuk browsing. Namun hal ini membuat pemakai menggunakan suatu software Anti virus untuk menangani suatu virus yang menyerang komputer. Banyak sekali jenis virus yang menyerang komputer, maka untuk kali ini saya ingin memperkenalkan salah satu virus yaitu Virus Worm secara rinci dan bagai mana cara untuk menangani virus ini secara jelas.

1.3  Pembatasan masalah
Berdasarkan permasalahan – permasalahan yang telah diuraikan , saya akan mengindentifikasi permasalahan tersebut, diantaranya:
1.3.1        Pengertian Virus Worm
1.3.2        Cara kerja virus Worm
1.3.3        Cara penyebaran virus worm
1.3.4        Jenis-jenis virus worm
1.3.5        Pendeteksian dan pembersihan virus worm

1.4  Perumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan serta batasannya dari penjelasan diatas, saya merumuskan suatu Perumusan masalah diantaranya:
1.4.1        Apa yang dimaksud dengan virus Worm?
1.4.2        Bagaimana Cara kerja pada virus Worm?
1.4.3        Bagaimana mendeteksi virus Worm?
1.4.4        Bagaimana cara membersihkan komputer dari serangan virus Worm?

1.5  Tujuan Penelitian
Berikut adalah tujuan atas penelitian yang telah disimpulkan, sebagai berikut:
1.5.1        Untuk mengetahui lebih rinci pengertian virus Worm , agar pemakai bisa lebih mengerti lebih jelas bagaimana virus tersebut bekerja dan cara membersihkan virus tersebut.
1.5.2        Dapat melakukan tindakan secara cepat untuk menanggulangi virus tersebut dan mengantisipasi virus tersebut dengan berbagai cara.

1.6  Manfaat penelitian
Manfaat dari penelitian yang saya lakukan adalah sebagai berikut:
1.6.1        dapat memberikan pengetahuan berlebih mengenai virus Worm kepada pemakai komputer untuk melakukan tindakan yang benar untuk menanggulangi virus tersebut.
1.6.2        Dapat memberikan keuntungan bagi pemakai komputer karena sudah mengetahui cara penanggulangannya.











BAB II
LANDASAN TEORI
2.1  Pengertian Virus Komputer
Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.
Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer (terutama pada sistem operasi , seperti sistem operasi berbasis keluarga Windows (Windows 95, Windows 98/98SE, Windows NT, Windows NT Server, Windows 2000, Windows 2000 Server, Windows 2003, Windows 2003 Server, Windows XP Home Edition, Windows XP Professional, Windows XP Servicepack 1, Windows XP Servicepack 2) bahkan GNU/Linux. Efek negatif virus komputer terutama adalah perbanyakan dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti CPU Time, penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% Virus adalah virus komputer berbasis sistim operasi Windows. Sisanya, 2% menyerang Linux/GNU (dan Unix, sebagai source dari Linux, tentunya), 1% menyerang Mac terutama Mac OS 9, Mac OS X (Tiger, Leopard). 2% lagi menyerang sistim operasi lain seperti FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System.
Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan perangkat lunak antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer, asalkan basis data virus komputer yang dimiliki oleh perangkat lunak antivirus telah mengandung kode untuk menghapus virus tersebut.
2.2 Virus Worm
Worm atau cacing komputer dalam keamanan komputer, adalah sebutan untuk sebuah program yang menyebarkan dirinya di dalam banyak komputer, dengan menggandakan dirinya dalam memori setiap komputer yang terinfeksi. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dalam sebuah sistem komputer sehingga dapat menyebabkan sistem tersebut mengalami crash sehingga mengharuskan server harus di-restart. Beberapa worm juga menghabiskan bandwidth yang tersedia. Worm merupakan evolusi dari virus komputer.
Virus komputer memang dapat menginfeksi berkas-berkas dalam sebuah sistem komputer, tapi worm dapat melakukannya dengan lebih baik. Selain dapat menyebar dalam sebuah sistem, worm juga dapat menyebar ke banyak sistem melalui jaringan yang terhubung dengan sistem yang terinfeksi. Beberapa worm, juga dapat mencakup kode-kode virus yang dapat merusak berkas, mencuri dokumen, e-mail, atau melakukan hal lainnya yang merusak, atau hanya menjadikan sistem terinfeksi tidak berguna.

2.3 Contoh Virus Worm
Beberapa contoh dari worm adalah sebagai berikut:
·         ADMworm : worms yang dapat melakukan eksploitasi terhadap layanan terhadap jaringan Berkeley Internet Name Domain(BIND), dengan melakukan Buffer-Overflow
·         Code Red: Worm yang dapat melakukan eksploitasi terhadap layanan Internet Information Services (IIS) versi 4 dan versi 5, dengan melakukan serangan buffer-overflow.
·         LoveLetter: Worm yang menyebar dengan cara mengirimkan dirinya melalui e-mail kepada semua akun yang terdaftar dalam Address Book Microsoft Outlook Express/daftar kontak dalam Microsoft Outlook dengan cara menggunakan kode Visual Basic Script (VBScript). [ wikipedia indonesia ]

2.4 Cara kerja virus Worm
Virus menempati ruangan dalam media penyimpanan (misalnya, melekat pada file atau tersimpan dalam boot sector hard disk) dan umumnya menyebar melalui USB flash disk, lampiran (attachment) email, berkas (file) yang diunduh dari internet, maupun melalui kunjungan ke halaman website yang sengaja dibuat untuk menyebarkan virus. Sedangkan worm menyebar melalui jaringan. Ada juga program gabungan antara virus dan worm, yaitu tersimpan di media penyimpanan namun menyebar melalui jaringan.

2.5 Beberapa contoh dampak dari infeksi virus/worm:
  • Komputer menjadi tidak stabil dan sering 'hang' (macet)
  • Komputer menjadi lambat
  • Data di harddisk dirusak atau dikirim ke pihak lain melalui jaringan
  • Program aplikasi tidak dapat digunakan
  • Password yang diketik di keyboard dapat disadap dan dikirim ke pihak lain untuk tujuan penipuan
2.6 Cara menanggulangi virus Worm
Berikut adalah cara cara untuk menaggulagi virus Worm:
  • Gunakan anti-virus ter-update di komputer anda, dan pastikan bahwa komputer anda di-scan secara real-time.
  • Hapus email yang mencurigakan atau yang datang dari pengirim yang tidak dikenal, dan scan email attachment sebelum dibuka.
  • Gunakan firewall pada komputer anda dan pastikan bahwa pengaturan firewall tersebut dapat mengamankan komputer anda.
  • Pastikan bahwa versi sistem operasi dan perangkat lunak lainnya adalah yang terkini.
  • Pastikan bahwa anda hanya men-download file dari website yang aman dan scan file-file yang berasal dari Internet sebelum digunakan.
  • Scan USB flash disk yang anda pakai sebelum digunakan
  • Kenali proses bertransaksi di Internet banking yang biasa anda lakukan. KeyBank hanya digunakan untuk aktivitas tertentu.  Jika anda diminta response KeyBank misalnya KeyBCA di luar proses yang biasa, segera laporakan ke PIHAK bank bersangkutan.
2.7 Jenis – Jenis virus Worm
Berikut adalah berbagai jenis worm komputer.
2.7.1  Instant Message Worm
Instant message worm sering muncul dalam instant messenger, seperti Yahoo! Messenger.
Worm jenis ini dapat mengirim link dari website yang terinfeksi virus kepada orang-orang dalam daftar kontak.
Instant message worm memiliki modus yang sama seperti worm email, yaitu memanipulasi daftar kontak dan mengirim virus kepada orang-orang dalam daftar kontak tersebut.
2..7.2  Internet Relay Chat Worm
Internet relay chat worm mengincar chatroom atau forum internet dengan mengirimkan link situs web atau file yang terinfeksi kepada pengguna.
Worm jenis ini kurang efektif dibandingkan jenis worm lain karena penerima worm harus mengkonfirmasi, menyimpan, dan membuka file untuk menginfeksi komputer.
2.7.3. Internet Worm
Internet worm bekerja dengan mencoba menemukan sistem komputer yang lemah.
Setelah menemukan koneksi yang stabil, internet worm akan mendapatkan akses penuh ke sistem komputer.
Internet worm juga memiliki kemampuan untuk menginstal program dan mengirim paket data ke sistem komputer yang terinfeksi.
2.7.4. Email Worm
Email worm adalah worm yang menginfeksi pesan email. Worm email menembus link HTML atau lampiran email yang akan mengirim pengguna ke sebuah situs web yang terinfeksi.
Jika pengguna membuka link HTML atau lampiran email, email worm akan menginfeksi komputer.
Email worm menyebar melalui aplikasi Microsoft Windows, seperti Windows MAPI Functions dan Microsoft Outlook Services.
Worm jenis ini juga dapat mencuri email dan menggunakan alamat email pengguna untuk mengirim link bervirus ke orang-orang yang terdapat dalam daftar kontak.
2.7.5. File-Sharing Network Worm
File-sharing network worm membuat replika diri mereka sendiri di dalam folder sharing.
Worm muncul dengan nama file yang tidak berbahaya, seperti file dengan nama lagu atau video musik populer.
Setelah file muncul di jaringan file-sharing, worm juga akan muncul di tempat lain.
Worm jenis ini memiliki kemampuan men-download program berbahaya pada sistem komputer.
Program berbahaya termasuk diantaranya adalah pencuri password dan backdoors.











BAB III
METODELOGI
3.1.Tempat dan Waktu Penelitian
Tempat            : Depok
            Waktu             : 29 Desember 2014
3.2.Metode Penelitian
3.2.1.       Pengumpulan Data
Pengumpulan data ini di bantu tengan teknologi dan juga internet sebagai penunjang.
3.3.Instrument Penelitian
3.3.1.       Laptop
3.3.2.       Software antivirus
3.3.3.       Jaringan Internet
3.4.Teknik Analisis Data
Teknik analisis ini dengan cara me-scan virus dengan menggunakan suatu software untuk mengetahui jenis virus tersebut. Dan juga melakukan pengecekan dengan menggunakan jaringan internet untuk mendapatkan virus tersebut.




DAFTAR PUSTAKA
http://virusforever.blogspot.com/, diakses pada 29 Desember 2014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biodata Oscar Dos Santos Emboaba Junior

PSSI terkena sanksi FIFA , sayap persipura ini kesulitan ekonomi