TELEMATIKA



  •   Asal – Usul Kata Telematika

Kata telematika berasal daei istila dalam bahasa perancis “TELEMATIQUE”, yang merujjuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.istilah Teknologi Informasi itu sendiri merujuk pada perkembangan teknologi perangkat -  perangkat pengolah informasi. Para praktisi menyatakan bahwa TELEMATIC adalah singkatan dari “TELECOMMUNICATION” dan “INFORMATICS” sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing dan Communication. Istilah Telematics  juga dikenal sebagai “the new hybird technology” yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memmicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer denan istilah “konvergensi”. Semula media masih belum menjadikan sebagian integral dari isu konvergensi teknologi informasi dan komunikasi dan komunikasi pada saat itu. 
Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah :
1.      Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik., ICT merupalam ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
2.    
  Secara umum, istilah telematika juga dipakai untuk teknologi sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komuter dan teknologi komunikasi berpindah (Mobile Communication Technology).
3.      Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (Road Vehicles dan Vehicles Telematics).


  •     Fungsi Telematika

Fungsi dari telematika antara lain:
1. Penyampai informasi. Agar orang yang melakukan komunikasi menjadi lebih berpengetahuan dari sebelumnya. Bertambhanya pengetahuan manusia akan meningkatkan keterampilan hidup, menambah kecerdasan, meningkatkan kesadaran dan wawasan.
2.    Sarana kontak sosial hidup bermasyarakat. Interaksi sosial menimbulkan kebersamaan, keakraban dan kesaatuan yang akan melahirkan kerjasama. Telematika menjadi penghubung diatara peserta kerja sama tersebut, walaupun mereka tersebar dimana – mana, telematika menjembatani proses interaksi sosial dan kerjasama menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah dibanding hasil perseorangan.

  • à      Kelebihan dan Kekurangan Telematika
1.      Kelebihan Telematika
·      Telematika telah memberikan nilai tambah bagi masyarakat luas yaitu dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet. Pengembangan sektor telematika diyakini akan memengaruhi perkembangan sektor – sektor lainnya. Sebagaimana diyakini oleh organisasi dunia, yang konsisten menyatakan bahwa dengan asusmsi semua persyaratan terpenuhi, penambahan investasi disektor telekomunikasi sebesai 1 % akan mendoronh pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3 %. Hipotesis ini telah terbukti kebenarannya di Jepang, Korea, Kanada , Australia, negara – negara Eropa, Skandinavia dan lainnya.
2.      Kekurangan Telematika
·   Banyak kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya cyber crime dengan cara mencuri data kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga sipelacu carding (carder) dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.
·         Penyebaran virus atau maicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic main sebagai penyebaran informasi bagi sipenipu.

  • Contoh Penerapan Telematika
Banyak penerapan telematika di Indonesia yang banyak terjadi disegala aspek, berdasarkan perkembangan tekematika, telematika di Indonesia memiliki tiga peran pokok antara lain :
1.      Mengopotimalkan proses pembangunan. Telematika memberikan dukungan terhadap manajemen dan pelayanan kepada masyarakat berupa sarana telekomunikasi yang memuahkan masyarakat saling berinteraksi tapa terhalang jarak. Dengan telematika, proses komukiasi menjadi mudah sehingga mudah pula untuk menyebarkan informasi dari satu daerah ke daerah lain.
2.  Meningkatkan pendapatan. Produk dan jasa teknologi telematika merupakan komodiras yang memberikan peningkatan pedapatan bagi perseorangan, dunia usaha bahkan negara dalam bentuk devisa hasil ekspor jasa dan produk industri telematika.
3.    Pemersatu bangsa. Teknologi telematika mampu menyatukan bangsa melalui pengembagan semua institusi dan area dengan cepat tanpa terhalang jarak daerah masing – masing.
Salah satu contohnya adalahh E-Commerce. Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian , penjualan, pemasatan barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti interner atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E_dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sstem pengumpulan data otomatis. Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini  sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis yang berkaitan dengan transaksi komersial seperti  : transfer dana secara elektronok, SCM (Supply Chain Management) , e – marketing, pemrosesan transaksi online , EDI dll.
      Contoh lain adalah pada bidang kesehatan yang disebut e-Health dan Telemedicine. E-Health merupakan aplikasi teknologi komunikasi dan informasi yang mencangkup keseluruhan cakupan fungsi yang mempengaruhi sektor kesehatan. Ini merupakan solusi enterprise dibidang kesehatan karena memiliki banyak pihak mulai dari masyarakat sampai dengan produsen Obat/Farmasi. EMR(Electronic  Medical Records merupakan bagian fundamental dari e-Health.

  •  Peran Telematika
1.      Sebagi Bidang Usaha (Telematiika menjadi Core Bisnis)
a.       Industri
b.      Perdagangan
c.       Jasa
2.      Sebagau Penungang Usaha ( Telematika Sebagai Enabler)
a.       Efesiensi
b.      Peningkatan daya saing
3.      Kegunaan Telematika Untuk UKM Industri
a.       Industri Hardware
b.      Industri Software
4.      Perdagangan
a.       Grosis Telematika
b.      Eceran Telematika
5.      Jasa/Service
a.       Lembaga pendidikan (sekolah kejuruan, dll)
b.      Jasa Multimedia ( Warnet, Wartel, Game Center, Penyelenggara VOIP)
c.       Internet service provider
d.      Konsultan telematika
e.       kesehatan




andhika-rmd.blogspot.com
rajarayu.bogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biodata Oscar Dos Santos Emboaba Junior

PSSI terkena sanksi FIFA , sayap persipura ini kesulitan ekonomi