TELEMATIKA
- Asal – Usul Kata Telematika
Kata
telematika berasal daei istila dalam bahasa perancis “TELEMATIQUE”, yang
merujjuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi
informasi.istilah Teknologi Informasi itu sendiri merujuk pada perkembangan
teknologi perangkat - perangkat pengolah
informasi. Para praktisi menyatakan bahwa TELEMATIC adalah singkatan dari
“TELECOMMUNICATION” dan “INFORMATICS” sebagai wujud dari perpaduan konsep
Computing dan Communication. Istilah Telematics
juga dikenal sebagai “the new hybird technology” yang lahir karena
perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memmicu perkembangan teknologi
telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer denan
istilah “konvergensi”. Semula media masih belum menjadikan sebagian integral
dari isu konvergensi teknologi informasi dan komunikasi dan komunikasi pada
saat itu.
Istilah
telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah :
1. Integrasi antara sistem telekomunikasi dan
informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih
spesifik., ICT merupalam ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan
penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
2.
Secara umum, istilah telematika juga dipakai untuk
teknologi sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning
System) sebagai bagian integral dari komuter dan teknologi komunikasi berpindah
(Mobile Communication Technology).
3. Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai
untuk bidang kendaraan dan lalulintas (Road Vehicles dan Vehicles Telematics).
- Fungsi Telematika
Fungsi dari telematika antara lain:
1.
Penyampai
informasi. Agar orang yang melakukan komunikasi menjadi lebih berpengetahuan
dari sebelumnya. Bertambhanya pengetahuan manusia akan meningkatkan keterampilan
hidup, menambah kecerdasan, meningkatkan kesadaran dan wawasan.
2. Sarana kontak
sosial hidup bermasyarakat. Interaksi sosial menimbulkan kebersamaan, keakraban
dan kesaatuan yang akan melahirkan kerjasama. Telematika menjadi penghubung
diatara peserta kerja sama tersebut, walaupun mereka tersebar dimana – mana,
telematika menjembatani proses interaksi sosial dan kerjasama menghasilkan jasa
yang memiliki nilai tambah dibanding hasil perseorangan.
- à Kelebihan dan Kekurangan Telematika
1.
Kelebihan
Telematika
· Telematika telah
memberikan nilai tambah bagi masyarakat luas yaitu dalam perekonomian nasional.
Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru
menggunakan teknologi Internet. Pengembangan sektor telematika diyakini akan
memengaruhi perkembangan sektor – sektor lainnya. Sebagaimana diyakini oleh
organisasi dunia, yang konsisten menyatakan bahwa dengan asusmsi semua
persyaratan terpenuhi, penambahan investasi disektor telekomunikasi sebesai 1 %
akan mendoronh pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3 %. Hipotesis ini telah
terbukti kebenarannya di Jepang, Korea, Kanada , Australia, negara – negara
Eropa, Skandinavia dan lainnya.
2.
Kekurangan
Telematika
· Banyak kejahatan
yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya cyber crime dengan
cara mencuri data kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga sipelacu
carding (carder) dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.
·
Penyebaran virus
atau maicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic main sebagai
penyebaran informasi bagi sipenipu.
- Contoh Penerapan Telematika
Banyak
penerapan telematika di Indonesia yang banyak terjadi disegala aspek,
berdasarkan perkembangan tekematika, telematika di Indonesia memiliki tiga
peran pokok antara lain :
1. Mengopotimalkan proses pembangunan. Telematika
memberikan dukungan terhadap manajemen dan pelayanan kepada masyarakat berupa
sarana telekomunikasi yang memuahkan masyarakat saling berinteraksi tapa
terhalang jarak. Dengan telematika, proses komukiasi menjadi mudah sehingga
mudah pula untuk menyebarkan informasi dari satu daerah ke daerah lain.
2. Meningkatkan pendapatan. Produk dan jasa teknologi
telematika merupakan komodiras yang memberikan peningkatan pedapatan bagi
perseorangan, dunia usaha bahkan negara dalam bentuk devisa hasil ekspor jasa
dan produk industri telematika.
3. Pemersatu bangsa. Teknologi telematika mampu
menyatukan bangsa melalui pengembagan semua institusi dan area dengan cepat
tanpa terhalang jarak daerah masing – masing.
Salah satu contohnya adalahh
E-Commerce. Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian ,
penjualan, pemasatan barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti interner
atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E_dagang dapat melibatkan
transfer dana elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sstem
pengumpulan data otomatis. Industri teknologi informasi melihat kegiatan
e-dagang ini sebagai aplikasi dan
penerapan dari e-bisnis yang berkaitan dengan transaksi komersial seperti : transfer dana secara elektronok, SCM
(Supply Chain Management) , e – marketing, pemrosesan transaksi online , EDI
dll.
Contoh
lain adalah pada bidang kesehatan yang disebut e-Health dan Telemedicine.
E-Health merupakan aplikasi teknologi komunikasi dan informasi yang mencangkup
keseluruhan cakupan fungsi yang mempengaruhi sektor kesehatan. Ini merupakan
solusi enterprise dibidang kesehatan karena memiliki banyak pihak mulai dari
masyarakat sampai dengan produsen Obat/Farmasi. EMR(Electronic Medical Records merupakan bagian fundamental
dari e-Health.
- Peran Telematika
1.
Sebagi Bidang
Usaha (Telematiika menjadi Core Bisnis)
a.
Industri
b.
Perdagangan
c.
Jasa
2.
Sebagau
Penungang Usaha ( Telematika Sebagai Enabler)
a.
Efesiensi
b.
Peningkatan daya
saing
3.
Kegunaan
Telematika Untuk UKM Industri
a.
Industri Hardware
b.
Industri
Software
4.
Perdagangan
a.
Grosis
Telematika
b.
Eceran
Telematika
5.
Jasa/Service
a.
Lembaga
pendidikan (sekolah kejuruan, dll)
b.
Jasa Multimedia
( Warnet, Wartel, Game Center, Penyelenggara VOIP)
c.
Internet service
provider
d.
Konsultan
telematika
e.
kesehatan
andhika-rmd.blogspot.com
rajarayu.bogspot.com
Komentar
Posting Komentar